Jumat, 04 November 2011

MANFAAT BELAJAR FILSAFAT ILMU


PEMBAHASAN
MANFAAT MEMPELAJARI FILSAFAT

Menurut Harold H. Titus, filsafat adalah suatu usaha untuk memahami alam semesta, maknanya dan nilainya.
Dr. Oemar A. Hosein mengatakan: Ilmu memberi kepada kita pengetahuan, dan filsafat memberikan hikmah. Filsafat memberikan kepuasan kepada keinginan manusia akan pengetahuan yang tersusun dengan tertib, akan kebenaran.
S. Takdir Alisyahbana menulis dalam bukunya: Pembimbing ke Filsafat Metafisika, filsafat itu dapat memberikan ketenangan pikiran-pikiran dan kematangan hati, sekalipun menghadapi maut.
Radhakrishnan dalam bukunya, History of Philosophy menyebutkan: Tugas filsafat bukanlah sekedar mencerminkan semangat masa ketika kita hidupi, melainkan membimbingnya maju. Fungsi filsafat adalah kreatif, menerapkan nilai, menerapkan tujuan, menentukan arah dan menuntun pada jalan baru.
Berbeda dengan pendapat Soemadi Soejabrata, yaitu mempelajari filsafat adalah untuk mempertajam pikiran maka H. De Vos berpendapat bahwa filsafat tidak hanya cukup diketahui, tetapi harus dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari.
Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa tujuan filsafat adalah mencari hakikat kebenaran sesuatu, baik dalam logika (kebenaran berpikir), etika (berperilaku), maupun Metafisika (hakikat keaslian).
Manfaat mempelajari filsafat ada bermacam-macam. Namun sekurang-kurangnya ada 4 macam faedah, yaitu :
1.      Agar terlatih berpikir serius
2.      Agar mampu memahami filsafat
3.      Agar mungkin menjadi filsafat
4.      Agar menjadi warga negara yang baik
 Berfilsafat ialah berusaha menemukan kebenaran tentang segala sesuatu dengan menggunakan pemikiran secara serius. Plato menghendaki kepala negara seharusnya filosuf. Belajar filsafat merupakan salah satu bentuk latihan untuk memperoleh kemampuan memecahkan masalah secara serius, menemukan akar persoalan yang terdalam, menemukan sebab terakhir satu penampakkan.
Dengan uraian diatas jelaslah bagi kita bahwa secara kongkrit manfaat mempelajari filsafat adalah :
1.      Filsafat menolong mendidik,
2.      Filsafat memberikan kebiasaan dan kepandaian untuk melihat dan memecahkan persoalan-persoalan dalam hidup sehari-hari.
3.      Filsafat memberikan pandangan yang luas
4.      Filsafat merupakan latihan untuk berpikir sendiri
5.      Filsafat memberikan dasar,-dasar, baik untuk hidup kita sendiri (terutama dalam etika) maupun untuk ilmu-ilmu pengetahuan dan lainnya, seperti sosiologi, Ilmu jiwa, ilmu mendidik, dan sebagainya.

ANALISIS KRITIS

1.      Identitas                              :   Drs. H. Syadali, Ahmad dkk, 2004
                                                      Filsafat Umum, Kegunaan Filsafat Ilmu, hal 26-31  Pustaka Setia, Bandung
2.      Tujuan Penulisan                 :   Membahas manfaat mempelajari filsafat ilmu
3.      Hal-Hal Unik                      :   a.   Filsafat menolong mendidik
b.      Filsafat memberikan pandangan yang luas
c.       Filsafat merupakan latihan untuk berfikir sendiri
4.      Pertanyaan yang muncul     : a.  apa saja kegunaan kita mempelajari filsafat ilmu
b.      Hal-hal apa saja dari filsafat ilmu yang bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari.
5.      Refleksi Diri                        :   Dengan mempelajari ilmu filsafat banyak hikmah yang bisa diambil dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dan dapat menjadikan hidup dewasa dalam mengambil keputusan. Belajar filsafat merupakan salah satu bentuk latihan untuk memperoleh kemampuan berpikir serius. Kemampuan ini akan memberikan kemampuan memecahkan masalah secara serius. Dalam filsafat kita dilatih untuk melihat dulu apa yang menjadi persoalan, dan ini merupakan syarat mutlak untuk memecahkannya. Dengan mempelajari filsafat ilmu kita dilatih untuk berpikir lebih kritis. 

0 komentar:

Poskan Komentar

 

©2009 CERAMAH | by TNB